Official Blog

Mengetahui apa itu Jurusan Teknik Kimia

Jurusan Teknik Kimia
Chemist photo created by master1305 - www.freepik.com

gudguds.id – Memilih jurusan adalah langkah pertama yang sangat penting. Banyak yang salah memilih bidang studi dan pada akhirnya kuliah tidak berjalan mulus. Ada baiknya Anda mengetahui informasi umum hingga khusus tentang bidang studi yang diinginkan. Tentu saja Anda mendapatkan informasi dari sumber yang dapat dipercaya, misalnya dari mahasiswa atau lulusan kursus ini.

Fakultas Teknik ialah salah satu fakultas yang sangat digemari oleh calon mahasiswa. Ada berbagai jurusan untuk dipilih termasuk Teknik Elektro, Teknik Industri dan sebagainya. Setiap jurusan memiliki kualifikasi dan bidang pengetahuan yang berbeda.

Tenang, Anda akan segera mengetahui lebih jauh tentang salah satu program studi fakultas teknik yang banyak diminati calon mahasiswa, yaitu Jurusan Teknik Kimia. Ada banyak kesalahpahaman tentang teknik kimia. Setelah membaca artikel ini, Anda pasti cukup terkejut dengan informasi sebenarnya tentang teknik kimia. Apa yang kamu?

Apa itu Jurusan Teknik Kimia?

Jurusan Teknik Kimia
Science elements vector created by freepik – www.freepik.com

Selama ini banyak yang tertipu dengan namanya. Banyak yang mengira mahasiswa teknik kimia itu kesulitan mencampurkan larutan kimia di laboratorium, atau bahkan ada yang menganggapnya sebagai ahli pembuat bom. Ini sangat salah.

Teknik kimia adalah studi tentang bagaimana bahan mentah diubah menjadi produk. Bahan baku adalah bahan mentah, yaitu bahan yang nilai kegunaannya rendah atau tidak ada. Produk kini tersedia dalam bentuk produk jadi atau setengah jadi, yaitu bahan yang sudah memiliki nilai kepraktisan yang lebih tinggi dari sebelumnya. Untuk mengubah bahan mentah menjadi produk, tentunya harus melalui sejumlah proses.

Alasan mengambil jurusan teknik kimia

Jurusan ini menangani bidang ilmu yang sangat luas. Jika Anda kuliah di teknik kimia, Anda harus rela memberikan banyak wawasan di hampir semua bidang. Apa yang ada di dalam? Ketika orang-orang dari latar belakang keilmuan lain mengajak Anda mengobrol, setidaknya Anda paham, meski hanya dasar-dasarnya. Kenapa begitu? Temukan jawabannya di bawah ini.

Selain untuk memperoleh ilmu yang menarik, prospek karir yang beragam juga menjadi alasan bagi Anda untuk memutuskan kuliah di jurusan teknik kimia. Para lulusan biasanya bekerja di perusahaan-perusahaan di industri kimia. Perlu diketahui bahwa jurusan ini merupakan salah satu jurusan yang menawarkan prospek kerja yang sangat baik dengan tawaran gaji yang sangat menggiurkan.

Apa yang dipelajari dalam jurusan teknik kimia?

Banyak orang terkecoh dengan namanya. Teknik kimia tidak berarti Anda harus pandai kimia. Teknik Kimia adalah jurusan di mana sebagian besar siswa belajar Fisika dan Matematika.

Bingung? Tenang. Hampir 80% dari perkuliahan dan ilmu alam adalah fisika dan matematika. Sementara itu, kimia dipelajari pada awal perkuliahan dari semester 1 hingga semester 2. Kimia dasar dipelajari, seperti kimia dasar, kimia analitik, kimia organik dan kimia fisik.

Prospek pekerjaan jurusan teknik kimia

Jurusan Teknik Kimia
Quality control photo created by aleksandarlittlewolf – www.freepik.com

Program studi teknik kimia merupakan salah satu program studi yang menawarkan prospek bagus bagi lulusannya. Mengapa? Karena luasnya pengetahuan yang dipelajari, lulusan dapat melamar pekerjaan di berbagai jenis sektor bisnis. Perusahaan-perusahaan yang saat ini paling tertarik dengan gelar teknik kimia adalah perusahaan minyak dan gas.

Perusahaan lain yang banyak mengambil lulusan teknik kimia adalah perusahaan perkebunan, baik perkebunan kelapa sawit maupun karet dan sebagainya. Lulusan teknik kimia dibutuhkan oleh perusahaan ini untuk mengolah bahan baku perkebunan menjadi produk, seperti pengolahan minyak sawit menjadi minyak goreng.

Perusahaan lain, seperti perusahaan pulp dan kertas, juga membutuhkan gelar teknik kimia untuk mengelola proses konversi bahan mentah menjadi produk. Perusahaan lain yang membutuhkan keterampilan dan pengetahuan teknik kimia adalah perusahaan semen, pupuk, kimia dan masih banyak lagi.

Tips untuk anda yang ingin jurusan teknik kimia

Ketika Anda mempelajari jurusan apa pun, pasti ada kesulitan. Tentu saja, mengatasi kesulitan masing-masing departemen bisa berbeda. Nah, mari kita simak tips ceramahnya.

Jika Anda memasuki bidang studi ini, cobalah untuk menghilangkan perasaan tidak enak di bidang teknik kimia. Satu hal yang juga penting adalah berkomitmen untuk menjadi lulusan teknik kimia dengan tidak membuang waktu dan uang selama kuliah tentunya.

Perkuliahan di sini harus didahului dengan pemahaman tentang konsep dasar teknik kimia. Prinsip dasarnya adalah mengubah bahan mentah menjadi produk melalui serangkaian proses. Dapatkan pola pikir tentang pentingnya pengetahuan yang Anda peroleh di teknik kimia. Jika Anda sudah belajar teknik kimia, bersiaplah untuk membantu dunia memenuhi kebutuhannya.

Kursus ini menawarkan pelajaran dasar di awal semester. Pelajaran yang diterima antara lain kimia dasar, fisika, matematika hingga mikrobiologi.

Pada tahap ini, seperti mereview kelas IPA SMA. Kuliah bisa mudah. Tapi perlu diingiat, pada peluang ini kalian butuh belajar dengan benar- benar.  Karena untuk proses perkuliahan di semester yang lebih tinggi harus membawa ilmu yang didapat di semester pertama. Jadi cobalah untuk memperhatikannya dengan seksama.

Setelah memasuki semester ketiga hingga keenam, mata kuliah inti di bidang teknik kimia biasanya dimulai. Pada tahap ini Anda harus dapat mengikuti kelas dengan serius dan teliti.

Kesimpulan

Ya, ini adalah jurusan teknik kimia. Ini adalah jurusan yang sulit, tetapi jangan khawatir, Anda akan memiliki banyak pengetahuan dan prospek pekerjaan yang bagus ketika Anda lulus. Bagi anda yang ingin memiliki baju kaos seputar Teknik kimia dengan desain menarik bisa mengunjungi store gudguds.

Tentang Gudguds

contact us

Gudguds adalah tempat di mana kamu bisa menemukan kaos dengan desain unik yang disediakan oleh desainer kami hingga desain bebas sesukamu yang bisa kamu request ke desainer profesional kami. Bukan hanya kaos, gudguds juga menyediakan varian anak, polo shirt, sweater hoodie, jaket, dan lainnya.

Artikel Terbaru

Produk Terbaru