Official Blog

Apa Benar Jurusan Teknik Elektro Jadi tukang listrik saja?

Teknik Elektro
Switchboard photo created by pvproductions - www.freepik.com

gudgudsid – Kali ini kita membahas jurusan yang cukup fashionable di Fakultas Teknik yaitu Teknik Elektro. Bagi Anda yang ingin menjadi mahasiswa teknik, sepertinya teknik elektro mungkin bisa menjadi pilihan utama Anda selama kuliah.

jika kita berbicara tentang teknik elektro, biasanya banyak mitos umum yang berkembang di masyarakat tentang masa depan mahasiswa teknik elektro. Sebagai contoh

“Kenapa kamu kuliah teknik elektro? nanti akan mengurus listriknya saja kerjaan-nya!”

Eits, jangan salah. Teknik Elektro bukan hanya jurusan yang populer, tetapi juga jurusan yang berguna bagi kehidupan kita di dunia.

Coba bayangkan tidak ada listrik, Anda tidak bisa menggunakan internet karena tidak bisa menggunakan WiFi, menonton TV, belajar dalam gelap dan kepanasan karena tidak bisa menyalakan kipas angin, bahkan AC itu pun tidak. Tentu Anda mengerti apa yang terjadi bila Anda hidup tanpa listrik dan Anda juga ahli di bidang kelistrikan. Ups!

Ternyata mitos umum seperti di atas belum tentu benar lho sobat. Mengenai prospek kerja lulusan teknik elektro, bukan hanya tentang menjadi tukang listrik, guys. Jadi seberapa besar itu?

Apakah Anda juga percaya dengan rumor yang beredar tentang teknik elektro? Daripada berbicara tentang rumor yang membuat Anda berpikir, mari kita bicara tentang teknik elektro, misalnya apa yang Anda pelajari, kampus mana yang memiliki jurusan teknik elektro dan juga prospek karir dari jurusan yang satu ini. Yuk, lihat di bawah ini!

 

Apa yang dipelajari di jurusan teknik elektro?

Teknik Elektro
Power outlet vector created by macrovector_official – www.freepik.com

Memang benar belajar teknik elektro mengajarkan banyak hal tentang listrik. Ya, teknik elektro pada dasarnya adalah ilmu yang berhubungan dengan kelistrikan dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Padahal, ilmu teknik ini tidak jauh-jauh dari ilmu-ilmu dasar yang dipelajari di bangku SMA, yaitu fisika, kimia, dan matematika.

Pelajaran apa saja yang di bahas di jurusan Teknik elektro?

Oh ya! Meskipun Anda belajar fisika dasar di sekolah, di teknik elektro Anda belajar fisika yang lebih beragam tentang sirkuit listrik. Misalnya interaksi antara komponen listrik, kemudian medan elektromagnetik, teknik elektro digital dan elektronika, bahan untuk kelistrikan, energi peperangan listrik, pengukuran beban listrik, sistem telekomunikasi, tidak lupa metode numerik, analisis dan matematika teknik dan mata. kursus sebanding dalam teknik listrik.

Menakjubkan! Anda akan belajar banyak tentang listrik dalam berbagai aspek dengan topik yang luas. Dari dasar-dasar penghitungan, cara mengkodekan informasi menjadi sinyal listrik dalam sistem telekomunikasi, cara mengukur beban daya listrik, hingga bagaimana daya listrik diimplementasikan dalam transportasi. Ini sulit!

Kampus mana yang memiliki jurusan teknik elektro?

Teknik Elektro
Gedung Sekolah Teknik Elektro dan Informatika – ITB

Oh ya! Bagi Anda yang ingin menjadi jurusan Teknik Elektro, sudah banyak kampus di Indonesia yang memiliki jurusan yang satu ini. Salah satunya adalah Institut Teknologi Bandung yang merupakan universitas terbaik di Indonesia untuk kategori Engineering & Technology menurut Quacquarelli Symonds World University Ranking 2020.

Tenang! Sebenarnya bukan hanya ITB. Ada banyak kampus negeri dan swasta yang bisa dipilih antara lain Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Diponegoro, Universitas Brawijaya, Universitas Yogyakarta, Universitas Surabaya, dan masih banyak kampus Teknik Elektro lainnya. Jadi hati-hati mengatur strategi dan pilihan kampus Anda, oke?

Prospek karir mahasiswa teknik elektro setelah lulus kuliah

Teknik Elektro
Handyman photo created by pvproductions – www.freepik.com

Soal karir, Anda tidak perlu takut, karena setiap program gelar memiliki prospek karir masing-masing, bukan? Begitu juga dengan teknik elektro. Berkat keahliannya di bidang kelistrikan, banyak lulusan teknik elektro membidik industri pembangkit listrik besar seperti pembangkit listrik tenaga air (PLTA) atau pembangkit listrik tenaga uap (PLTU). Tapi bukan hanya PLTA dan PLTU saja, masih banyak industri besar lainnya yang menjadi prospek kerja bagi Insinyur Elektro!

Misalnya, industri telekomunikasi membutuhkan gelar Sarjana Teknik Elektro untuk membuat jaringan nirkabel. Jika Anda tidak memiliki teknisi listrik, Anda tidak akan dapat melakukan panggilan karena teknisi listrik mengubah informasi dan mengkodekannya menjadi sinyal listrik.

Selain itu ada industri migas, industri otomotif untuk product planning, bahkan bisa bercita-cita ke Kementerian Perindustrian RI menjadi pegawai pemerintah.

Ada juga perusahaan multinasional, terutama di sektor pertambangan, Freeport misalnya! Tentu saja, alat-alat pertambangan berat membutuhkan seorang tukang listrik untuk mengatur arus listrik yang tepat untuk alat-alat kerja ini.

Selain di industri besar, Sarjana Teknik Elektro juga bisa menjadi dosen, bahkan wirausaha, serta software engineer. Anda dapat memulai bisnis Anda sendiri misalnya membuat tutorial tentang ketenagalistrikan, perusahaan rintisan yang mengimplementasikan ilmu kelistrikan, usaha instalasi listrik, elektronika industri dan masih banyak lagi. Sebagai seorang insinyur Teknik elektro, Anda akan menangani seluruh siklus pengembangan software, mulai dari analisis persyaratan, desain, pengujian, pengembangan, dan pemeliharaan untuk memenuhi persyaratan tersebut. Nah, prospek kerja untuk lulusan teknik elektro itu banyak. Jadi jangan katakan bahwa tukang listrik akan selalu menjadi tukang listrik.

Oke guys, itu tadi gambaran umum tentang teknik elektro. Bagi Anda yang ingin menjadi bagian dari mahasiswa teknik elektro, Anda perlu memperkuat mata kuliah inti fisika, kimia dan matematika sebagai landasan fundamental sebelum menjadi mahasiswa teknik elektro. Bagi anda yang menginginkan kaos seputas Teknik elektro bisa cek store kami di gudguds.id ya guys.

Tentang Gudguds

contact us

Gudguds adalah tempat di mana kamu bisa menemukan kaos dengan desain unik yang disediakan oleh desainer kami hingga desain bebas sesukamu yang bisa kamu request ke desainer profesional kami. Bukan hanya kaos, gudguds juga menyediakan varian anak, polo shirt, sweater hoodie, jaket, dan lainnya.

Artikel Terbaru

Produk Terbaru