Official Blog

6 JURUSAN TEKNIK YANG BANYAK DI BUTUHKAN

Jurusan Teknik
Contractor photo created by prostooleh - www.freepik.com

gudguds.id – Pasar tenaga kerja sekarang semakin ketat bahkan ketika biaya pendidikan terus meningkat. Menghadapi kenyataan ini, individu yang ingin melanjutkan studi perlu lebih selektif dalam memilih jalur karir. Hal ini juga berlaku bagi kaum muda yang baru memulai atau akan memulai studinya, serta kaum dewasa yang ingin kembali bersekolah untuk meningkatkan prospek karir mereka.

Secara keseluruhan, sebagian besar pemberi kerja saat ini mencari gelar yang nantinya mempersiapkan siswa untuk keterampilan teknis di bidang ini. Mereka yang memiliki gelar Seni Liberal mungkin menghadapi persaingan yang ketat atau bahkan prospek yang lesu, tetapi dengan gelar teknik saat ini, banyak lowongan pekerjaan menunggu. Jadi kita perlu melihat jurusan mana yang memiliki prospek karir dengan gaji terbaik.

 

1. Jurusan Teknik Perminyakan

Teknik Perminyakan
Oil well vector created by macrovector – www.freepik.com

Gaji awal yang hampir enam digit dalam dolar AS menjadikannya jurusan yang paling menarik. Gaji seorang insinyur perminyakan tingkat menengah adalah sekitar $163.000 atau setidaknya Rp 2.139.375.000, lebih dari cukup bagi para insinyur untuk membangun kehidupan yang nyaman jauh di atas standar hidup kebanyakan orang. Ini adalah pekerjaan dengan prospek yang sangat bagus hanya dengan berinvestasi dalam 4 tahun pendidikan.

Karena minyak bumi atau petroleum adalah kebutuhan primer yang menyediakan sumber energi, dari kendaraan hingga sistem pemanas atau pendingin, prospek karir di bidang ini kemungkinan akan terus tumbuh. Orang dengan gelar teknik perminyakan sering bekerja di perusahaan minyak dan gas.

 

2. Jurusan Teknik Mesin

Teknik Mesin
Car mechanic photo created by peoplecreations – www.freepik.com

Insinyur mekanik bekerja pada beberapa produk dan teknologi yang paling umum di dunia. Ini termasuk perangkat medis, sistem pemanas dan pendingin, senjata, robot, sistem transportasi, dan banyak lagi. Profesi ini sering melibatkan merancang dan menguji berbagai alat dan peralatan.

Insinyur mekanik biasanya menerapkan sistem mekanik dan pemanas ke dalam berbagai sistem dan perangkat. Ini adalah kawasan yang muncul sejak revolusi industri lebih dari 200 tahun yang lalu dan terus berkembang hingga saat ini.

 

3. Jurusan Teknik Industri

Teknik Industri
Industrial plant photo created by freepik – www.freepik.com

Teknik industri adalah salah satu bidang khusus teknik yang tidak hanya berhubungan dengan teknologi, tetapi juga dengan orang-orang dan organisasi yang terlibat. Bidang ini berfokus pada menemukan sistem dan proses yang paling efisien dan menguntungkan yang dapat diterapkan dengan baik di perusahaan dan bisnis lain.

Teknik industri menggabungkan beberapa disiplin ilmu yang berbeda, termasuk administrasi bisnis, ergonomi, teknik keselamatan dan berbagai ilmu sosial lainnya. Ini adalah gelar yang dapat mempersiapkan lulusan untuk berbagai jalur karir, termasuk kesehatan, keuangan, dan bidang lain yang ingin merampingkan operasi mereka.

 

4. Jurusan Teknik Elektro

Teknik Elektro
Switchboard photo created by pvproductions – www.freepik.com

Ini juga masih merupakan bidang yang sangat dicari, dan gaji profesinya mencapai 5 angka pada tahap awal, yang akan terus naik menjadi 6 angka saat ia naik pangkat. Dikonversi ke rupiah, ini tentu saja lebih dari 6 digit. Bidang ini mencakup berbagai profesi serta bisnis karena listrik dan elektronik sangat penting untuk memberi daya pada berbagai peralatan dan proses listrik.

Beberapa spesialisasi karir teknik elektro mungkin termasuk elektromagnetisme, integrasi sirkuit, komputasi digital, dan pemrosesan sinyal. Banyak dari mereka bekerja untuk perusahaan yang memproduksi teknologi atau sistem yang digunakan dalam dunia bisnis.

 

5. Teknik Informatika

Teknik Informatika
Backend photo created by pressfoto – www.freepik.com

Teknik komputer adalah bidang yang menggabungkan aspek ilmu komputer dan elektronik. Oleh karena itu, orang yang mempelajari mata kuliah ini seringkali harus mengambil mata kuliah yang serupa dengan mereka yang juga belajar teknik elektro atau ilmu komputer atau ilmu komputer.

Namun, pekerjaan para insinyur komputer akan lebih terfokus pada pengembangan perangkat lunak dan perangkat keras dari komputer. Anda juga dapat membuat desain komputer atau mikroprosesor terbaru. Karena itu, mereka sering bekerja di perusahaan yang memproduksi komputer, serta di perusahaan yang mengandalkan teknologi untuk memproduksi produk mereka.

 

6. Jurusan Teknik Dirgantara

Teknik Dirgantara
Jet plane photo created by Racool_studio – www.freepik.com

Teknik kedirgantaraan, sebelumnya juga disebut teknik kedirgantaraan, juga merupakan mata kuliah yang menjanjikan bagi mahasiswa teknik. Bidang ini sangat terfokus pada penelitian, desain, dan pengujian pesawat ruang angkasa dan pesawat lainnya.

Secara umum, departemen ini terbagi menjadi dua peminatan. Yang satu berurusan dengan pesawat terbang, yang lain dengan pesawat luar angkasa. Ini adalah area yang pasti akan terus berkembang di masa depan karena merupakan teknologi penting bagi banyak industri, mulai dari transportasi hingga militer.

 

Kesimpulan

Demikianlah informasi mengenai 6 Jurusan teknik yang banyak di butuhkan. Apakah anda tertarik untuk melanjutkan studi ke jurusan Teknik di atas ? bagi anda yang ingin menjadi engineer atau yang sudah berprofesi engineer silahkan melihat koleksi kaos profesi engineer kita di gudguds Store, banyak desain menarik dan harga yang sangat terjangkau. Silahkan kunjungi store kami di gudguds.id

Tentang Gudguds

contact us

Gudguds adalah tempat di mana kamu bisa menemukan kaos dengan desain unik yang disediakan oleh desainer kami hingga desain bebas sesukamu yang bisa kamu request ke desainer profesional kami. Bukan hanya kaos, gudguds juga menyediakan varian anak, polo shirt, sweater hoodie, jaket, dan lainnya.

Artikel Terbaru

Produk Terbaru